-->

DTC P0117-ENGINE COOLANT TEMPERATURE CIRCUIT LOW

DTC P0117-Engine coolant temperature circuit low, contoh wiring.


DTC P0117-ENGINE COOLANT TEMPERATURE CIRCUIT LOW


Teory Operasi

Engine Coolant Temperature (ECT) sensor adalah salah satu sensor yang bersifat Negatif temperature Coefficient (NTC) yaitu apabila temperatur mesin naik resistan menurun.Tegangan referensinya adalah 5 Volt yang di supply oleh PCM sebagai sinyal.Ketika mesin dingin, PCM akan beroperasi dalam siklus open loop, ini akan menuntut campuran udara dan bahan bakar yang sedikit lebih kaya atau boros, hal ini dicapai sampai suhu beroperasi normal.

PCM menggunakan input dari ECT sensor untuk perhitungan berikut :
  • Pulse Width Modulasi (PWM) ke Injector
  • Spark Advance Curve (SAC)
  • ASD relay shutdown
  • Idle Air Control (IAC)
  • Pulse Width Prime (PWP) selama mesin di starter
  • O2 sensor close loop
  • Purge selenoid on/off
  • EGR selenoid on/off (jika dilengkapi)
  • Leak detection pump operasi (jika di lengkapi)
  • Fan Radiator on/off
  • Target idle speed
Dibawah ini adalah kronologi munculnya DTC P0117 yang di rekam oleh PCM
Waktu termonitor :
  • Ignition ON
  • Battery voltage di atas 10.4 V    
Kondisi saat terjadi kesalahan :
  • Input tegangan ECT sensor di bawah nilai minimum
Tindakan dari PCM :
  • Mulfunction Indicator Lamp (MIL) atau Indikator Check engine nyala
  • Indikator Electronice Throttle Control (ETC) nyala
  • Input Throttle dan kecepatan kendaraan akan di batas
Penyebab kemungkinan :
  • ECT signal short ground
  • ECT signal short to sensor ground or short together
  • Engine Coolant Temperature (ECT) sensor
  • Powertraint Control Module (PCM)

Langkah langkah pengecekan DTC P0117-Engine coolant temperature circuit low :

1.Check DTC aktif
Start mesin dan biarkan beroperasi sampai mencapai temperatur normal.
      
Perhatian : Ketika mesin beroperasi, jangan dekat dan berdiri sebaris langsung dengan kipas.Jangan meletakan tangan anda dekat puli, tali kipas, dan jangan memakai pakaian longgar.Mengabaikan instruksi ini bisa mengakibatkan cedera fatal.

Catatan : Apabila ada DTC yang berhubungan dengan system pengisian, silahkan diagnosis dan perbaiki sebelum melanjutkan test ini.
    
Gunakan alat scan dan lihat DTC.

Apakah DTC aktif ?

Jika Ya, silahkan lanjut ke step 2.
Jika Tidak, lakukanlah pengecekan PCM intermittent kondisi.

2. Check voltage ECT sensor
Putar kunci kontak ke posisi off, lepaskan konektor harnes ECT sensor, putar kunci kontak ke posisi on, mesin tidak hidup.Gunakan alat scan lihat voltage ECT sensor di data tab scanner.
   
Catatan : Tegangan sensor harus sekitar 5 Volt (plus-minus 1 Volt) pada saat konektor dilepas.

Apakah di alat scan menampilkan voltage seperti catatan diatas ?

Jika Ya, check konektor PCM dan ECT sensor dari kerusakan atau terminal berkarat.Jika oke tidak ada masalah, gantilah ECT sensor setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.
Jika Tidak, silahkan lanjut ke step 3.

3. Check (K2) ECT signal short to (K900) sensor ground 
Putar kunci kontak ke posisi off, lepaskan konektor dari PCM C2, ukur tahanan antara (K900) ECT sensor ground dengan (K2) ECT sensor signal di konektor ECT sensor, seperti di gambar di bawah ini.


Apakah tahanan dibawah 5 ohms ?

Jika Ya, berarti kabel tersebut short ground silahkan cari titik lokasinya dan perbaiki, setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.
Jika Tidak, silahkan lanjut ke step 4.

4. (K2) ECT signal short ground
Ukur tahanan antara ground body atau langsung ke minus accu dengan (K2/signal) ECT sensor di konektor ECT sensor.




Apakah tahanan di bawah 100 ohms ?

Jika Ya, kabel tersebut short ke ground body silahkan perbaiki, setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.
Jika Tidak, silahkan lanjut ke step 5.

5. Powertraint Control Module (PCM)
Gunakanlah wiring diagram sebagai panduan sebelum mengganti PCM, periksa kembali konektor antara ECT sensor dengan PCM apakah kabel ada yang lecet, tertusuk, terjepit, membungkuk, mendorong keluar dari vin konektor, rusak atau terminal berkarat.Check kembali data data atau Service Bulletin yang berkaitan dengan DTC ini.

Apakah ada masalah yang ditemukan ?

Jika Ya, silahkan perbaiki, setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.
Jika Tidak, silahkan ganti dan programlah Powertraint Control Module (PCM), setelah itu lakukanlah Powertraint verification test.

DTC P0117-Engine coolant temperature circuit low, test selesai.


Semoga bermanfaat.
Tolong di share,,,terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DTC P0117-ENGINE COOLANT TEMPERATURE CIRCUIT LOW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel